Dana desa menjadi salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah dan memberikan manfaat begitu nyata untuk masyarakat. Dari alokasi bantuan yang diberikan, sudah dibangun pasar desa yang mencapai 6.932 unit, jembatan sudah mencapai kurang lebih 1 juta meter, bahkan saluran irigasi mencapai puluhan ribu unit.

Tentu saja dengan realisasi dana yang tepat, dapat mendukung aktivitas ekonomi sehingga masyarakat tetap bergerak maju. Pemberian dana ini memang menjadi komitmen dari pemerintah agar bisa menghadirkan pemerataan ekonomi yang adil.

Inilah alasan setiap tahun jumlah dana ini secara terus menerus ditingkatkan, dana ini juga untuk masyarakat adat sebagai pengakuan hak-hak mereka. Agar dapat mewujudkan pemerataan ekonomi, distribusi dana ini diikuti dengan pemerataan kelembagaan desa.

Alokasi Dana Desa yang Ikut Membangun Daerah di Indonesia

Berikut berbagai macam alokasi dana dari pemerintah di berbagai daerah Indonesia, antara lain:

  1. Desa Batu Belerang

Desa Batu Belerang berlokasi di Sulawesi Selatan dan menjadi Taman Hutan Raya serta kawasan konservasi di tahun 2008. Dengan status tersebut tentu saja hutan di sini menjadi pusat penelitian. Tahura ini juga memiliki berbagai macam wisata air terjun.

Tahun 2017 desa ini mendapatkan bantuan dana senilai Rp 800an juta, dengan dana tersebut warga desa merencanakannya untuk melakukan beberapa kegiatan seperti peningkatan sarana pendidikan, pembangunan jalan hingga penyuluhan pertanian.

  1. Desa Gunung Jampang

Desa Gunung Jampang, atau Pasir Baru berlokasi di Cisolok, Sukabumi. Desa ini memiliki wisata yang begitu indah, dengan berbagai macam wahana yang memacu adrenalin. Wisata ini dibangun dengan menggunakan dana program perencanaan pembangunan kecamatan di tahun 2019.

  1. Desa Tugu Boto

Desa Tugu Boto berlokasi di Klodran, Colomadu, Karanganyar. Desa ini menyulap selokan yang kotor menjadi selokan air bersih yang penuh dengan nilai. Bukan hanya enak dipandang, selokan ini juga memberikan rejeki untuk warga. Inovasi ini dipelopori oleh pemuda setempat yang tergerak karena saluran penuh dengan sampah.

Untuk Apa Dana Desa Sebaiknya?

Dana ini memang diperuntukkan untuk menambah produktivitas masyarakat desa, namun dengan catatan jika kebutuhan utama masyrakat desa sudah terpenuhi dengan baik. Contohnya dengan menjamin ketersediaan air bersih.

Salah satu rekomendasi penggunaan dana adalah untuk membangun pompa air. Namun, dengan terbatasnya dana yang diterima oleh masyarakat desa setiap tahun, akan lebih baik jika pompa yang dibangun merupakan pompa yang hemat energi dan minim perawatan seperti pompa air tenaga surya.

Sanspower siap untuk membantu Anda mewujudkannya. Kami memiliki layanan pemasnagan pompa air tenaga surya yang berkualitas, dan di dukung tim yang berpengalaman membangun pompa-pompa tenaga surya di seluruh penjuru negeri. Hubungi kami segera dan mari bicarakan pompa yang tepat untuk desa Anda.