Cara Ekspor Barang ke Kanada

Ekspor barang ke Kanada tentu bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Ada berbagai hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan secara signifikan. Mengingat pengiriman barang ke luar negeri khususnya membutuhkan syarat serta ketentuan yang wajib dipenuhi.

Packing List Ekspor Barang ke Kanada

Pengirman barang ke luar negeri saat ini tentu menjadi lebih mudah berkat adanya penyedia jasa ekspor. Salah satu diantaranya adalah Kilo.id yang sudah sangat berpengalaman dalam hal mengirim paket ke Kanada. Namun ada beberapa dokumen yang harus Anda isi.

  1. Alamat Lengkap Pengirim Dan Penerima

Informasi yang sudah pasti wajib ada pada Packing list adalah alamat lengkap pengirim. Anda harus mengisinya dengan baik dan benar secara detail. Perihal tujuannya tentu tak perlu dipertanyakan lagi untuk apa. Selain penjemputan tapi juga kebutuhan invoice.

Selain informasi pengirim hal lain yang harus dilengkapi adalah mengenai penerima atau receiver. Tulislah alamatnya secara lengkap dengan menyertakan nama serta nomor teleponnya. Pastikan contact person yang diberikan aktif dan bisa dihubungi.

  1. Informasi Jenis Paket Atau Barang

Packing list selanjutnya mengenai jenis paket. Disini informasi yang diberikan berupa apa yang akan Anda kirim. Pasalnya pihak ekspedisi menerima berbagai barang namun harus tetap sesuai ketentuan. Sebab, ada beberapa jenis yang tak masuk dalam kategori.

Oleh karena itu Anda harus memasukkan informasi mengenai jenis barang. Tujuan lainnya adalah guna mengetahui penanganan atau pengamanan tertantubterhadap paket. Terlebih jika berupa barang yang rentan rusak atau bersifat mewah dan mahal.

  1. Berat Dan Jumlah Paket

Isi Packing list dalam ekspor barang Ke Kanada selanjutnya adalah informasi tentang berat paket. Tentu hal menjadi sangat penting guna mengestimasi tarif yang akan dikenakan kepada pengirim. Selain itu, tahap ini pun untuk memenuhi kebutuhan persyaratan yang berlaku.

Pasalnya, sebagian pihak ekspedisi memiliki berat minimal dan maksimal dalam pengiriman barang. Selain itu, jumlahnya pun perlu diperhitungkan dan dimasukkan kedalam Packing list atau invoice. Tentu hal tersebut lagi-lagi sangat memengaruhi tarif ongkos kirimnya.

  1. Jenis Layanan yang Digunakan

Seperti yang diketahui bahwa setiap ekspedisi termasuk Kilo.id memiliki berbagai pilihan layanan. Diantaranya mempunyai perbedaan berdasarkan harga atau tarif ongkos kirim, estimasi pengiriman dan sebagainya. Jadi, Anda wajib menentukan pilihannya.

Di Kilo.id memiliki sekitar empat pilihan layanan dalam proses pengiriman barang. Masing-masingmya mempunyai tarif ongkos kirim yang berbeda-beda. Mulai dari harga tertinggi hingga terendah. Diantaranya tentu punya kelebihan perihal penanganannya.

  1. Harga Dan Totalnya

Dalam invoice sudah pasti terdapat harga perunut dari setiap jenis barang yang dikirim. Perhitungan tersebut berdasarkan satuan kilogram dan tergantung jenis layanan yang digunakan. Tentu inipun sebagai bukti pembayaran untuk semua yang bersangkutan.

Nantinya ini menjadi bukti yang bisa digunakan antara pengirim, pihak ekspedisi hingga penerima jika terjadi sebuah kesalahan. Invoice tersebut akan diberikan kepada dua pihak baik Shopee ataupun receiver.

  1. Tanda Tangan Pengirim

Pada bagian akhir dalam Packing list yaitu tanda tangan pengirim. Hal ini menjadi bukti kesepakatan kerjasama atau penggunaan layanan. Jadi, Anda tak perlu khawatir perihal risiko-risiko buruk terjadi karena semuanya telah disepakati.

Tak hanya tanda tangan pengirim, nantinya setelah barang sampai maka pihak penerima pun akan dimintai tanda tangannya. Tentu hal ini untuk dijadikan sebagai bukti bahwa barang telah sampai ke alamat tujuan. Pastinua sesuai ketentuan informasi yang telah diberikan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa dokumen atau informasi yang harus Anda persiapkan saat ekspor barang ke Kanada. Hal tersebut berlaku sekalipun sudah menggunakan ekspedisi. Tujuannya adalah memudahkan segala proses pengiriman.