Tips Agar AC Mobil Cepat Dingin

Ketika AC mobil bermasalah, suhu udara di dalam kendaraan tidak akan terasa dingin. AC atau pendingin udara menjadi salah satu fitur kendaraan yang sangat penting, bahkan selalu digunakan pengendara setiap hari.

Jika Anda tinggal di daerah kota yang memiliki tingkat udara panas seperti Jakarta, tentu saja AC akan menjadi kebutuhan utama. Namun, karena begitu pentingnya peran yang dimiliki AC untuk pengendara, penggunaannya sering dirasa berlebihan. Selain penggunaan yang berlebihan, hal ini juga tidak diikuti dengan perawatan, hingga akhirnya kualitas AC terus mengalami penurunan. Umumnya, AC mobil yang bermasalah akan lebih lama terasa dingin saat AC baru dinyalakan.

Tips agar AC Mobil Lebih Cepat Dingin

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar AC lebih cepat dingin, seperti:

1. Menjaga kebersihan kendaraan

Bersih tidaknya interior mobil bisa memberikan dampak pada kualitas AC, hal seperti ini mungkin sering tidak disadari sebagian orang, lebih-lebih ketika proses pendinginan. Kabin kotor bisa membuat AC menjadi tiddak dingin karena penumpukan kotoran di bagian filter dan membuatnya tersumbat.

Bila hal ini terjadi, dapat dipastikan bila sirkulasi udara yang dihasilkan kurang optimal, meskipun AC menyala karena adanya penyumbatan. Selain itu, masalah ini juga dapat membuat proses pendinginan menjadi jauh lebih lama dibandingkan dengan waktu yang seharusnya.

Oleh sebab itu, pastikan selalu menjaga kebersihan kabin, lebih-lebih pada bagian karpet serta lantai kabin yang menjadi tempat untuk injakan penumpang. Kebersihan kabin dapat membuat filter AC bekerja dengan ringan dan dapat menyaring kotoran tersebut.

2. Membuka kaca sebelum AC menyala

Suhu yang berada di dalam mobil kemungkinan akan lebih panas dibandingkan dengan suhu di luar karena udara berada di dalam kabin. Oleh sebab itu, hindari masuk ke mobil dan menyalakan AC, karena dapat membuat udara menjadi semakin panas.

Ketika masuk ke dalam mobi, sebelum menyalakan AC, Anda dapat membuka seluruh jendela mobil, kemudian putar blower di tingkat tertinggi, sehingga AC akan bekerja dengan maksimal.

3. Matikan AC selama beberapa saat ketika menempuh perjalanan jauh

Terkadang, perjalanan jauh dapat membuat bosan. Bukan hanya membuat kita terlalu lama di dalam mobil, namun AC juga dapat bermasalah karena dinyalakan dalam waktu yang sangat lama.

Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada salahnya mematikan AC serta mesin mesin mobil selama beberapa saat. Selain itu buka jendela mobil sehingga nantinya udara yang berada di dalam mobil bisa bersirkulasi. AC mobil menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, oleh sebab itu, ketika terjadi kerusakan, pergantian komponennya juga harus dilakukan dengan baik. MobilKoreaPart.com dapat dijadikan sebagai pilihan ketika Anda bingung mencari tempat untuk pembelian komponen AC.

MobilKoreaPart.com menyediakan berbagai kebutuhan variasi serta AC, terutama kendaraan Korea seperti Hyundai Mazda, KIA, Chevrolet dan berbagai kendaraan lain.